7/27/2016

Check In Online Yay Or Nay?

Kalau ke bandara sekarang pasti sering lihat self check in kan. Sebenarnya kalau dilihat-lihat check in online ini banyak nilai lebihnya dibanding harus ngantri panjang, apalagi kalau mepet. Duuuh rasa-rasanya deg-deg an takut ditinggal pesawat.

Tapi, aku share pengalaman ketika check in online Air Asia yaa.. dan pengalaman ini buat aku kapok buat check in online lagi. Walaupun banyak keuntungan dari check in online sendiri, tapi pastikan kalau kamu check in online kamu bukan merupakan salah satu dari list yang maskapainya tidak perbolehkan untuk check in secara online, misalnya untuk Garuda:

  • Penumpang group booking (lebih dari 9 orang)
  • Bayi dibawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk
  • Penumpang yang butuh bantuan khusus di bandara; hamil, anak-anak dibawah 12 tahun, butuh kursi roda etc etc.

Tiap maskapai berbeda, bisa dicari sendiri yaa, yang Garuda versi lengkapnya bisa klik disini. Tapi kurang lebih sama kok, Air Asia kemarin juga mirip-mirip listnya, yang aku inget kalau bawa bagasi tidak disarankan check in online.

Walaupun akhirnya, ketika aku check in online.. pun aku tetep naro bagasi he he..



And here are several Indonesia airlines you can do check in online besides Garuda and Air Asia; Lion Air, Batik Air, and Citilink.

Anyway, pengalaman aku check in online bermasalah ini bukan untuk menjelekkan. Karena waktu itu, yang bermasalah ngga cuma aku, melainkan para turis yang ikut check in online pun merasakan hal yang sama.

Aku beli tiket secara online, tapi ketika check in onlinejam nya berbeda kan jadinya bingung. Waktu keberangkatan hari Sabtu, aku telpon ketika hari Jumat sore nggak bisa. Sampe berulang gitu, aku tweet di twitter pun ngga dibalas. Pasti bertanya-tanya deh kenapa nggak periksa dari hari sebelumnya sih? Waktu itu banyaaak banget tugas di kampus jadinya riweuh, Aku check in online berharap biar ngga ketinggalan pesawat kalau-kalau bangunnya kesiangan.

And sebenarnya ini pertama kali aku naik Air Asia sih, soalnya budget pelajar nih cuy kemarin habis jalan-jalan juga, terus duit kepake buat ini itu. Lain kali aku kasih tahu tips menabung saat kuliah dengan budget yang miiinim like me!

First impression naik Air Asia?

Sempit yah, terus waktu minta tolong angkatin koper ke kabin pramugarinya bikin aku ngga nyaman, habisnya judes sih. Yah mungkin karena doi dah dandan cantik-cantik lebih pagi dari aku kali ya, terus banyak bantu angkatin koper penumpang lain. Tapi untungnya ada pramugara yang mau bantuin, jadi si pramugari ngga bete ma aing.

Segitu dulu yaaa, buat hari-hari ku di Bali bisa dibaca disini.

Jadi, check in online apa ngga ya?
Kalau aku sih belum bisa menentukan, aku harus naik pesawat lagi dan coba lagi baru bisa soalnya rasanya failed sih yg kemarin. TAPIII, banyak loh yang check in online dan udah sharing tentang pengalaman check in online mereka. Dan lagi kalo di airport udah banyak yang sering check in online, so kenapa ngga?

ps. kalo baru pertama kali jangan coba-coba datang telat ya!