8/02/2016

Pengalaman Student Ambassador Tokopedia

What I learned from being a TopAm is up!

Masih ingat Hari Belanja Online Nasional 'harbolnas' tahun 2015? Sampai waktu itu BukaLapak buat iklan yang bawa-bawa Dian Sastro. Yang gemesnya lagi, ternyata CEO nya berani tampil di Youtube pakai celana pendek.. Dan iklannya berhasil ditonton berulang kali sama temen-temen karena ada part yang 'membingungkan'. Aku sendiri ngga ikutan baik nonton video youtube BukaLapak atau belanja online karena terlalu banyak option, jadinya lebih sring membandingkan satu sama lain dan akhirnya ngga jadi beli.

Ada diskon yang 'gila' dan nggak masuk akal tetapi ada juga yang memberikan cashback, yang aku kira kebalikan bgt, di saat yang lain pada berlomba biar trafficnya naik dengan cara diskon gila-gilaan ternyata ada juga yang memberikan cashback.

Perlu digarisbawahi bahwa ternyata Tokopedia ini bukan online retail yang dimana ia pemilik barang yang ada di websitenya, melainkan marketplace dimana ia adalah platform untuk berjualan online. Dan karena marketplace ini menganut sistem used generated content, jadi Tokopedia memberikan kebebasan kepada merchant untuk menentukan harga. Pun maka selama ini penjual sudah memberikan harga terbaiknya :)

Wise banget ya.. dan dari harbolnas itu sebenarnya aku jadi ingin tahu Tokopedia kaya gimana, apalagi waktu ada Isyana di TV! Hmm, ngomong-ngomong nih sebenernya aku mau sharing juga tentang pengalaman jadi Top Student Ambassador Tokopedia nih.. walaupun masih baru aja dilantik. Soalnya banyak yang nanya, tapi tolong jangan di judge sok artis apa dong kan aing atut jadinya..

Student Ambassador Tokopedia Batch 3

Apa itu Top Student Ambassador Tokopedia?
Layaknya Isyana, Student Ambassador ini be representative for Tokopedia tapi kalo kita mah di kampus-kampus aja. Sayangnya, untuk saat ini hanya ada tiga kota yang bisa ikutan; Bandung, Surabaya dan Yogyakarta. Kota-kota yang lain berdoa semoga ada ya.. Tapi, kalau mau magang di Tokopedia ada kesempatan nih buat kamu, bisa cek disini ya.

Selama menjadi Student Ambassador ada tugas nggak?
Aku nganggepnya challenge ya, adaaaa dong pastinya! Kan sayang banget kalau kamu jadi Student Ambassador tapi kamu cuma dapat ilmu dilahap aja tanpa actions.

How do you feel?
Senang dong tentunya karena bisa menjadi salah satu nakama di startup dan internet company terbesar di Indonesia! Dan banyak kesempatan yang bakal kamu dapetin seperti kesempatan magang dan kerja di Tokopedia. Wow kerja di Tokopedia.. kantornya oke bgt dan nggak bosen deh rasanya kalau kerja.

Tahapan Seleksinya ada apa aja?

  1. Tahap Administrasi: Kirim CV dan transkrip nilai ke email Tokopedia, pastikan dari tahap ini kamu sungguh-sungguh, jadi harus well prepared. Bayangin aja, biasanya harus buat essay sekarang cukup dengan CV, kamu bisa mendapat kesempatan buat jadi Student Ambassadornya Tokopedia. Jadi, pastikan bener-bener di attach dan ngga ada yang salah. Untuk transcript nilai dilampirkan bersama dengan CV ya, dan jangan sampai body text ngga ada basa-basi nya; harus diisi!
  2. Tahap Interview: Deg-degan? wajar laah. Tapi tetap tenang supaya bisa berfikiran jernih, jangan lupa untuk pakai baju yang formal walaupun di Tokopedia ini ngga mewajibkan nakam anya ke kantor pakai dasi, pake kaos juga bisa kok. Tuh kann enak banget ya! Jadi, kalau kamu udah sampai tahap ini jangan patah semangat dan nervous sehingga kamu melewatkan kesempatan emas ini. Anyway, ada beberapa pertanyaan yang ngga kepikiran, tapi berkaitan dengan kreatifitas sih.. namanya juga dunia startup, jadi harus kreatif dong.
  3. Karantina di Jakarta: Di sini dikasih materi, kita juga diskusi dan planning untuk masa jabatan.

Share Pengalaman Dong!
Top Ambassador Tokopedia Yogyakarta Batch 3
Waktu karantina di Jakarta selama empat hari tiga malam, full di officenya Tokopedia dari pagi sampai sore. Pokoknya ala ala jam kantor deh! Tapi entah kenapa tiap balik hotel rasanya capek dan pingin tidur aja (walaupun akhirnya main ke mall juga) kayanya gara-gara otaknya dah lama ngga dipake deh, maklum libur semester. Hm, mungkin bakal mikir ini ngapain sih kok capek? Outbond kah? Atau apa? No, jadi selama masa karantina kita dikasih materi-materi yang bobotnya oke banget! Semua kelasnya diajar sama profesional Tokopedia, aku suka banget sama materi Analytical Thinking dan EO karena (selain pematerinya cakeb dan kharismatik) buat aku jadi mikir out of the box. Sama materi SEO sih.. aku jadi tahu mengenai traffic di internet dan pingin belajar lebih dalam lagi, tapi the rest materi juga ga kalah asik kok. Ada yang disuruh main logika itung-itung soal olimpiade matematika anak SD juga lagi :(

Bagi tips biar keterima dong!
Nggak ada tips khusus sih, tapi aku ngikutin tips senior aku sebelumnya mengenai apa yg udah dia lakuin waktu interview, seperti: CV nya pakai CV kreatif, ketika tahap interview bawa CV yang di print jangan kertas HVS biasa, and find the purpose.

Kak boleh liat CV nya ngga?
Mmm, boleh sih tapi kontak personal aja ya nanti bakal aku kirimin.

Selain aktif di kuliah dan tokopedia, kamu aktif apalagi nih?
Aku sekarang menjabat sebagai ketua divisi Public Relations di UKM Kewirausahaan di kampus, student volunteer untuk Project Child Indonesia dan sebagai anggota di Perhumas Muda Yogyakarta.

Segitu dulu faq kali ini, pastikan buat kamu yang mau belanja di harbolnas sisihkan uang mulai dari sekarang yaa.. Semoga ngga ketipu diskon /eh. Buat kamu yang pingin tahu mengenai Top Student Ambassador Tokopedia bisa cek website Tokopedia, karena tiap semester buka pendaftaran.

dan buat semua yang baca, sudah cek tokopedia belum?